Sabtu, 19 Januari 2013

Indonesia merupakan negara maritim yang terkenal akan kehandalan nenek moyang dalam mengarungi lautan, predikat negara maritim akan selalu menjadi kebanggaan kita apabila kita selalu menjaga kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ). Salah satu wujud kecintaan kita terhadap negara adalah menjaga dan melestarikan warisan yang ditinggalkan oleh para pendahulu.
Pada kesempatan ini, saya cuma mau berbagi salah satu peninggalan Angkatan Laut Republik Indonesia ( ALRI ) yang mungkin bisa kunjungi. Peninggalan tersebut berupa Kapal selam buatan Uni Sovyet yang berjenis SS tipe Whiskey Class, nama kapal selam ini adalah KRI Pasopati dengan nomor lambung 410 yang memiliki panjang 76 meter dengan lebar 6,3 meter.
kri-pasopati-2.jpg
Kapal selam ini berada di area Monumen Kapal Selam yang terletak di samping salah satu sungai utama di Surabaya yaitu Kalimas, tepatnya di samping Plaza Surabaya. Monumen ini diresmikan pada tanggal 27 Juni 1998 dan dikelola oleh TNI AL. Dalam proses pembangunanya, badan kapal selam dipotong menjadi 16 bagian sebelum dipindahkan, lalu di angkut satu persatu ke area monumen untuk disatukan kembali seperti aslinya.
kri-pasopati-410.jpg
Buat yang berminat untuk berkunjung, ini bisa dijadikan tempat hiburan sekaligus pendidikan bagi anak - anak beserta keluarga. Di dalam kapal selam ini layaknya berada di sebuah museum, kita dapat melihat dan merasakan seolah olah kita menjadi salah satu awak kapal dari KRI Pasopati yang terkenal sebagai " Monster Bawah Laut ", disana kita dapat melihat jeroan kapal selam yang masih utuh dan asli. Yang disayangkan adalah kita tidak dapat merasakan pengapnya suhu udara di ruang kapal, karena sudah tepasang AC biggrin. Berikut beberapa ruangan yang ada di Kapal selam KRI Pasopati 410.
Ruang Torpedo Haluan
torpedo-haluan.jpg
Ruangan ini adalah tempat peluncuran torpedo dimana terdapat 4 buah peluncur torpedo dan juga terdapat tempat penyimpanan torpedo cadangan.
Ruang Perwira
kamar-kri-pasopati.jpg
Ruangan ini diperuntukan sebagai ruang tinggal, ruang makan dan sekaligus tempat bekerja perwira. Ruangan ini juga dijadikan kamar komando.
Ruang Periskop
periscop-kri-pasopati.jpg
Ruangan ini merupakan pusat pengoperasian kapal selam, pusat komunikasi dan juga Pusat Informasi Tempur. Dilengkapi dengan periskop yang bisa melihat hingga ketinggian 9 meter.
Ruang ABK
Ruangan ini diperuntukan sebagai tempat istirahat ABK yang terdiri dari Bintara atau Tamtama. Di ruangan ini juga terdapat, dapur, tempat makan, dan gudang penyimpanan makanan.Di bawah geladak terdapat ruang penyimpanan batere.
Ruang mesin
Dalam ruangan ini terdapat mesin diesel yang berfungsi sebagai pendorong utama saat Kapal selam berada di permukaan.
Ruang Listrik
Di ruangan ini terdapat 2 buah motor listrik yang berfungsi untuk pengisian baterai saat kapal selam berada di permukaan dan juga berfungsi sebagai tenaga pendorong utama saat kapal selam sedang menyelam.
Ruang Torpedo Buritan
torpedo-buritan.jpg
Di ruangan ini terdapat 2 buah peluncur torpedo yang berfungsi untuk menyerang dan menghindar.

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Follow Us on Facebook



JOIN WITH US

Popular Posts