Jumat, 01 Juni 2012

Kupas tuntas setajam  SILET

Orang jawa memang penuh dengan mitos yang bernuansa mistis
namun sebenarnya semua daerah mempunyai mitos yang berbeda beda, bukan hanya di pedesaan namun di kota kota besarpun mitos tetap ada, walaupun tidak sehebat di pedesaan, nah.... mari kita bedah sedikit tentang mitos mitos yang beredar dan telah mengakar di jawa kususnya, mitos adakalanya hanya cerita hayalan/ tak ada artinya, namun ada juga yang memang benar benar akurat dan terbukti nyata dan memiliki dasar alasan yang kuat dan positif
dan itulah kearifan lokal, budaya yang kadang hanya berlaku di daerah tertentu, Orang jawa sangat peka terhadap gejala alam, sudah turun temurun, meneliti tentang tanda tanda gejala alam
ada yang benar dan terbukti dapula yang sekedar isapan jempol,
berikut kita kupas tuntas secara tajam dan mendalam, setajam SILET Hehehe...



Jangan duduk di pintu, Karena entar balik lamarannya.
bisa seret/susah  rezekinya. nah untuk yang balik lamaran saya nggk menemukan dasar alasan nya sedangkan seret rezekinya saya menemukan alasan/ dasarnya, ada dalam kitab ta'lim mutalaim
diantara hal hal yang bisa menyebabkan sebel dan seret rezeki adalah duduk di tengah pintu, menyapu lalu di kumpulkan di sudut ruangan, menyapu di malam hari dan lain lain, percaya atau tidak terserah anda

Kalo nyapu yang bersih, biar dapet istri cakep
tidak di temukan alasan yang jelas tapi memang itu sangat baik, jadi hanya sebagai motivasi

Kalo makan di habiskan, soalnya kalo tidak habis, ntar ayamnya pada mati.ini bersifat nasehat saja karna makanan memjadi mubadzir, menia nyiakan makanan itu dosa...

Jangan bangun tidur siang-siang, ntar rizkimu di patuk ayam
 ini ada dasarnya, dalam kitab ta'lim, siapa yang tidur setelah subuh rizkinya berkurang dan bisa mengeraskan hati (hatinya galau bin sumpek)



Jangan banyak makan tempe, ntar kamu jadi tuli 
wah baru tau ada mitos ini....

Jangan pernah kencing di atas bara api entar kencingnya ga lancar (batu ginjal) ada sebagian masyarakat percaya bahwa tempat masak trAdisional/ LUWENG yaitu tempat memasak dari tanah itu di huni oleh mahluk halus bernama NINI THOWOK, jadi dilarang membelakangi LUWENG dan melangkahinya NINI THOWOK Bisa marah, tidak di temukan dasar yang akurat namun mungkin saja dulu memang begitu, setan kalau di puja dan di takuti akan seenaknya dan tidak mau di remehkan, tapi kalo dilawan mereka 
mereka juga  gak lagi semena mena merusak keimanan manusia



Jangan makan sambil tidur, entar kepalanya membesar karena makanan akan langsung dicerna oleh otak ga sampe ke lambung. 


Bagi Perempuan jangan tidur tengkurap ntar susah dapet jodoh
benar atau tidak, tapi ada satu yang pasti.... ada yang teraniaya hahahahaha.....

Bagi anak kecil, jangan makan coklat ntar giginya bolong.

Bagi seorang anak dilarang menolak perintah orangtua, bilang ah..pun dilarang ntar dos, ini bukan mitos tapi kewajiban

Jangan ngintip orang lagi mandi ntar bintitan ())))))

Jangan makan telor terlalu banyak entar bisulan  (telor kan lagi mahal)

Jangan begadang entar kesiangan

Jangan belagu entar digebugin ama orang

Jangan kencing di kuburan ntar anu mu tak tenang

Jangan duduk di atas bantal ntar banyak utang

Jangan menggunting kuku di malam hari ntar kukumu dimakan setan

Jika ingin nahan boker, ambillah batu kerikil dan simpan di saku celanamu yang sebelah kanan, ingat yang sebelah kanan! karena klo di sebelah kiri justru akan semakin memperparah keadaan, kotoran akan semakin terpacu untuk bergerak ke arah lubang anus.

Jangan pernah mengganti batu kerikil dengan batu bata, karna kotoran justru akan berbalik arah yaitu : tidak lagi menuju ke arah anus melainkan menuju mulut..

Manuk prenjak nitir (burung prenjak berkicau terus):
Orang Jawa punya cara yang unik untuk mendeteksi kehadiran tamu. Bahkan cara mereka ini tergolong lebih canggih ketimbang CCTV atau radar, sebab mampu memprediksi jauh-jauh hari seperti apa tamu yang akan berkunjung ke rumahnya, yaitu ketika di depan rumahnya ada burung prenjak (pipit) yang terus-terusan berkicau.
Jika posisi si burung tepat di depan rumah atau sisi kanan rumah, tandanya akan ada tamu istimewa yang membawa kebaikan.
Jika posisi di sebelah kiri atau di belakang rumah, tandanya tamu yang akan datang membawa petaka.
Kupu menclok ning omah (kupu-kupu hinggap di dalam rumah):
Masih tentang cara memprediksi tamu yang akan datang, ternyata kupu-kupu juga bisa memberi gambaran seperti apa tamu yang akan menyambangi rumah kita.
Jika kupu-kupunya masuk rumah dan hinggap di meja atau kursi tandanya akan ada tamu yang datanG. Perhatikan juga bentuk dan warna kupu-kupunya sebagai cerminan seperti apa tamu yang akan datang.
Kalau kupu-kupunya berwarna putih cantik, yang akan datang juga putih cantik. Siapa tahu NIKITA WILLY yang datang.
Tapi kalo yang masuk rumah kupu-kupunya hitam serem, berarti yang akan datang body guard atau orang yang akan nagih hutang, mungkin juga Nurdin M.Top.
Kalau kupu-kupu itu mengelilingi atau hinggap di badan si pemilik rumah, maka tamu yang akan datang adalah orang yang sangat dekat, bisa sahabat, saudara, pacar atau yang lain.
Manuk dares manggung (burung pungguk manggung):
Masih tentang burung, orang Jawa juga bisa memprediksi kejadian-kejadian di lingkungan sekitarnya melalui kicauan burung. Ini misalnya:
Kalau ada burung pungguk manggung sudah lewat tengah malam sampai jelang pagi, tandanya ada tetangga yang melahirkan.
Jika waktu manggungnya sebelum lewat tengah malam tandanya ada tetangga yang hamil di luar nikah.

Manuk gagak mider-mider (burung gagak berputar-putar di atas rumah)
Hati-hati kalau lihat burung gagak Berbunyi/berkoak koak berputar-putar di atas rumah. Sebab konon akan ada penghuni rumah yang segera meninggal. Mau tahu alasannya? Katanya sih burung gagak itu nggondol nyowo(membawa nyawa). Logis kan? Sebab kalau tidak membawa nyawa, mana bisa dia terbang berputar-putar di atas rumah?
Namun hal ini memang benar benar sering terjadi dimana tempat yang di hinggapi gagak ini 1 sampai 3 hari kedepan ada yang meninggal
Pitik Jago kluruk (ayam jantan berkokok):
Ayam, yang selama ini hanya kita kenal sebagai menu andalan KFC dan Mc D, ternyata mampu memberikan “tanda” kepada masyarakat Jawa tentang apa yang akan atau sedang terjadi.
Kalau ada ayam jantang berkokok sore hari atau sebelum tengah malam, akan ada “pagebluk”(wabah penyakit) atau gangguan dari makhluk halus. atau ada gadis bunting tanpa suami alias hamil di luar nikah
Kalau berkokoknya lewat tengah malam sampai menjelang pagi, tandanya sudah waktunya bangun pagi, terus senam pagi jangan lupa minum kopi.
Bermimpi tentang ayam:
Ini penting bagi para jomblowan-jomblowati yang sedang dalam proses mencari jodoh. Tidak perlu datang ke para normal untuk mengetahui seperti apa jodohnya. Kalau mimpi menangkap ayam dara, maka akan mendapat jodoh yang masih gadis atau perjaka.
Tetapi kalau yang didapat ayam yang sudah bertelur atau sedang mengeram, berarti jodohnya dah hamil duluan atau kalau cowok “sedang punya tanggung jawab atas kehamilan orang lain”, he he.
Parahnya lagi kalau yang didapat ayam yang sudah beranak, berarti jodohnya ya janda beranak tiga, empat sampai dua belas (di sesuaikan dengan jumlah ayam yang di dapet).
Mimpi tentang jenis anak yang sedang dikandung istri:
Di zaman serba canggih sekrang ini, kedokteran sudah mampu memberi jawaban hampir pasti tentang jenis kelamin anak yang masih dalam kandungan. Tapi kan perlu biaya dan kadang suami males nganter istri ke dokter. Jangan khawatir, moyang kita orang jawa punya cara yang murah meriah, lewat mimpi.
Konon kalau mimpi melihat binatang jenis ternak berkaki empat (sapi, kerbau, kambing, komodo, dinosaurus, keledai, kadal dll) maka anak yang dikandung istri berjenis laki-laki.
Tapi kalau yang dilihat dalam mimpi jenis binatang unggas (burung, ayam, Angsa, bebek, dll), maka anaknya kemungkinan besar berjenis perempuan.
Masalahnya kemudian, mitos Jawa tidak menjelaskan apa jenis anak kalau yang dilihat dalam mimpi jenis binatang yang bukan ternak berkaki empat dan bukan juga jenis unggas. Misalnya mimpi lihat ulat, ular, kodok, nyamul, mikroba, virus flu babi, flu burung bahkan virus HIV. Barang kali kalau yang dilihat jenis yang gituan anaknya tidak jelas juga, laki-laki bukan perempuan juga bukan?

Mimpi bertemu Ular 
Kayaknya sudah pada tahu deh, kalau kita mimpi ketemu ular, apalagi digigit, itu tandanya kita akan ketemu calon jodoh, pacar atau idola.
Mimpi bertemu harimau
Kalau ada yang bermimpi di tengah malam bertemu harimau atau sejenis, siap-siap saja besok atau beberapa hari lagi akan bertemu dengan seorang tokoh besar.
Mimpi bertemu anjing
Lain lagi kalau mimpinya ketemu anjing, berarti orang tersebut akan mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan. Apalagi sampi digigit anjing itu. Dalam mitos Jawa anjing identik dengan kehadiran setan.
Menabrak kucing
Ini mitos yang sudah dikenal luas, kalu pas kita bepergian lalu tanpa sengaja menabrak kucing, hati-hati saja. Sebab bisa jadi kita juga akan mengalami kecelakaan di jalan. dan biasanya orang yang menabrak kucing langsung berhenti lalu merawat bangkai kucing membungkus dengan baju yang dipakai lalu di letakkan di pinggir jalan, tidak lupa menaruh uang sekedarnya dekat bangkai kucing tersebut, penjelasan nya adalah, kucing memang salah satu hewan yang dilarang di bunuh (hadits nabi) di pinggirkan supaya tidak ditabrak pengendara lain yang akan lewat, menaruh uang itu maksudnya sodaqoh, sodaqoh itu menolak bala (hadits nya jelas)
barangkali ada yang mau mengubur bangkai kucing tersebut, uang yang di taruh boleh di ambil sebagai sodaqoh,

Dari berbagai koleksi mitos jawa diatas, Anda boleh percaya atau sebaliknya. Dan saya yakin akan mitos kalo terdapat alasan dan buktinya, jadi tergantung mitos yang mana, jika kita yakin akan segala sesuatu, maka insya Allah itu akan terjadi. Begitu juga percaya pada mitos, baik mitos jawa maupun mitos dunia. Semoga sedikit artikel yang sederhana ini dapat bermanfaat dan menjadi motivasi kita dalam kehidupan ini.

1 komentar:

Sample Text

Follow Us on Facebook



JOIN WITH US

Popular Posts