Sabtu, 28 Juli 2012

Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat indonesia misalnya pada masyarakat jawa yang sudah pernah saya bahas di postingan mitos jawa populer hingga mitos indonesia yang cukup populer namun rasanya masih banyak contoh mitos di indonesia yang patut diketahui. nah berikut ini adalah tambahan kumpulan contoh mitos indonesia yang mungkin hingga saat ini masih dipercaya pada masyarakat luas.
1. Berpindah tempat sewaktu makan.
Orang tua zaman dahulu melarang kita berpindah pindah tempat saat makan karena akibatnya kelak akan mendapat ibu tiri. Kecuali berpindah ke tempat yang lebih bagus, kelak akan mendapat pekerjaan yang baik.
intip Kumpulan Contoh Mitos Indonesia
2. Berselimut dengan tikar.
Entah apa alasan dari mitos selimut dengan tikar ini, menurut kepercayaan orang tua dahulu berselimut dengan tikar dapat berakibat kalau anda akan digulung ombak ketika mandi di laut.
3. Berfoto bersama dalam jumlah ganjil.
Entah darimana asal mitos ini namun banyak yang menyebutkan bahwa Akibatnya salah satu yang berfoto akan cepat meninggal, biasanya yang ditengah(ini sudah saya jelaskan pada postingan mitos tentang foto bertiga).
4. Gadis keramas di hari Sabtu.
Akibatnya akan mendapatkan suami penyiksa, entah lah apa hubungan hari sabtu dengan keramas ya? namun saya pernah dengar cerita zaman dahulu saat Allah melarang sebuah umat untuk mencari ikan di hari sabtu, nanti saya cari ceritanya. agak lupa nih.
5. Bernyanyi atau bersiul saat makan.
Konon kalau anda bernyanyi atau bersiul saat makan maka anda akan mengalami kegagalan saat berusaha. But who knows?
6. Menggunting kuku dimalam hari.
Menurut kepercayaan daerah saya di sulawesi menggunting kuku di malam hari berarti mendoakan agar orang tua berumur pendek, namun menurut kepercayaan daerah lain aktifitas ini dipercaya membuat usia lebih singkat.
7. Mata kanan kedut-kedutan
akan mendapatkan duit atau rezeki
8. Bulu mata ada yg jatuh atau rontok
Konon pertanda dari bulu mata yang rontok berarti ada seseorang yg kangen sama kita
9. Bersin tanpa ada sebab
Selain mitos telinga berdengung atau lidah tergigit konon orang tua zaman dahulu juga menggambarkan bersin tanpa ada sebab sebagai pertanda bahwa ada seseorang yang kangen sama kita
10. Mengintip orang lain mandi
Nah ini mungkin mitos yang paling banyak dipercaya hingga sekarang, ingat kan dulu kakek nenek kita bilang kalau mengintip orang mandi maka mata akan bintitan, yah walaupun tidak terbukti secara ilmiah namun tetap saja mitos ini banyak dipercaya oleh masyarakat kita.
11. Mengantongi batu di kantong kanan
Pernah dengar mitos soal mengantongi batu? kabarnya jika kita mengantongi batu di kantong kanan maka kita dapat menahan keinginan untuk BAB. Entah darimana asal usul mitos ini namun seingat saya saat saya masih SD ada yang menyarankan seperti itu.
Namanya juga mitos ya belum tentu terbukti kebenarannya kan? namun hingga kini beberapa mitos diatas memang masih banyak dipercaya oleh masyarakat kita. saya yakin anda pasti sering dengar soal mitos mitos diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Follow Us on Facebook



JOIN WITH US

Popular Posts