Jumat, 30 Maret 2012

Kali ini, saya akan membahas bagaimana cara kerja Virus, Trojan dan Malware pada satu komputer dan jaringan. Satu demi satu akan saya bahas secara singkat sebagai berikut :
Cara Kerja Virus
Tentunya sahabat semua udah mendengar istila Virus Komputer, nah virus komputer merupakan salah satu program jahat pada komputer. Pada dasarnya virus menyerang sistem operasi dan merusak file atau data. Tapi cara kerja virus itu berbeda-beda, sekilas mengenai cara kerja beberapa virus… :
Virus File
Virus ini mempunyai kemampuan untuk menginfeksi dokumen dan juga aplikasi komputer. Cara penyebaran nya dilakukan ketika aplikasi yang terinfeksi dijalankan maka virus akan menginfeksi file atau dokumen yang di akses oleh aplikasi tersebut.
Virus Boot Sector
Virus ini menyerang boot sector pada harddisk, sedangkan boot sector sendiri adalah bagian pada harddisk yang pertama kali di akses oleh komputer ketika pertama kali di hidupkan. Virus ini menginfeksi komputer kita, dan akhirnya komputer tidak akan normal pada saat melakukan booting.
Virus email
Cara kerja virus yang satu ini menyebar melalui email. Apabila virus itu sudah aktif, maka akan menyebar ke smua kontak email yang ada pada akun email kita secara otomatis.
Virus Siluman
Virus yang satu ini mempunyai kemampuan yang sangat unix, karena membuat file yang terinfeksi oleh virus ini akan terlihat seolah-olah tidak terinfeksi dan sangat sulit di deteksi.
Cara Kerja Trojan
Trojan merupakan salah satu program jahat yang bersifat Stielt (siluman dan tidak terlihat) berbeda dengan Virus atau Worm yang cenderung lebih agrsif dengan merusak sistem atau aplikasi dan terkadang membuat sistem crash juga. Sistem Trojan di kendalikan oleh Sistem Komputer lain.
Penyebaran Trojan biasanya mkelalui internet, saat para pengguna menunduh game atau aplikasi tertentu kadang juga di sisipi dengan kode trojan yang sudah di integrasi di dalam game atau aplikasi yang di unduh. Karena trojan dapat di kendalikan, maka cracker dapat mengacak-acak sistem yang telah terinfeksi oleh trojan tersebut.
Jenis-jenis Trojan yang sudah dikenal dan beredar adalah pencuri password, pada jenis ini cara kerjanya adalah mencatat/mencari password yang ada poada sistem kita kemudian mengirimkan nya ke cracker. Selanjutnya trojan penekan tombol, jenis trojan ini hampir mirip dengan mata-Mata, semua tombol yang di gunakan akan di simpan dan di kirim ke cracker.
Cara Kerja Malware
Pembahasan terkahur yaiotu Cara Kerja Malware. Aksi yang dilakukan malwrae biasannya disebut Direct Action. Sekali aktif, malware akan menjalankan aksinya yaitu dengan mencari objek untuk di infeksi dan hal-hal berbahaya lainnya. Sekalipun tidak menetap di memori, jenis malware ini tetap berbahaya, jika komputer yang tanpa sengaja mengeksekusi malware ini berada pada sebuah jaringan komputer, malware tersbut langsung mencari dan menginfeksi semua file-file yang ada pada komputer dlm jaringan tersebut.
Ilustrasi nya seperti ini :
Malware akan meletakan file database.mdb, thumb.db, autorun.inf, shortcut folder, shortcut msoffice, Ink, dan shortcut new folder pada my document.
Malware akan mengkatifkan wscript.exe dan file thumb.db yang berada pada folder System32 untuk menjalankan file database.mdb pada my document.
Shortcut folder-folder tadi akan berkaitan dengan file thumb.db.
Jika kita membuka folder-folder maka kita akan mengkatifkan file wscript.exe dan file thumb.db selanjut nya akan membuat duplikat shortcut folder yang ada pada komputer kita, thumb.db dan autorun.inf di seluruh Drive C.
Jika komputer kita terjangkit Malware maka swluruh drive C akan terdapat duplikat shortcut folder yang ada pada komputer, dan juga menscan semua media yang ada pada komputer kita, CD, Flashdisk atau HDD potable.
^_* demikian penjelasan cara kerja virus, trojan dan malware dan semoga menjadi pembelajaran buat kita semua… ;)

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Follow Us on Facebook



JOIN WITH US

Popular Posts