Assalamualaikum wr wb
Selamat siang sobat smua..,kali ini saya mau berbagi info tentang
kejayaan armada laut kita di thn 60n,salah satunya dgn kberadaan KRI
IRIAN yg menjdi kapal penjelajah pertama di bumi bgian selatan. tp siapa
sangka cerita kberadaanya jman dulu hampir dilupakan oleh gnerasi muda
bangsa ini,terbukti dgn dihilangkanya cerita kegagahan Kri irian di dlm
pelajaran sejarah tingkt smp/smu pd masa orde baru,mungkin yg kta tau
hnyalah peristiwa pertmpuran aru,dan operasi mandala.tp kmana kah cerita
12 kapal selam kita dan jg si "monster laut"kri irian,pdhl pihak
belanda yg saat itu menduduki irian barat sangatlah menghawatirkan
kberadaan armada bwh laut kita yg telah mengepung penjuru pulau
irian,terbukti dgn dtrik mundurnya kapal induk belanda HMS karel dorman
dri perairan papua barat,hingga puncaknya belanda meninggalkn papua
barat. Itulah sekelumit cerita tenta kri irian yg tlah mengangkt
kewibawaan negara kita di mata dunia. Dibwh ini data2 kri irian yg saya
ambil dr wikipedia
- Produksi Obedineniye "Admiralteyskiye Verfi" Leningradskoye
- Mulai dibuat 19 Oktober 1949
- Diluncurkan 17 September 1950
- Bertugas di AL Uni Soviet pada 30 Juni 1952
- Dibeli thn 1962 dari Uni Soviet
- Ditugaskan 24 Januari 1963
- Nama sebelumnya Ordzhonikidze (Орджоникидзе) (Object 055), nama Menteri Industri Berat era Stalin
- Status 1972, dibesituakan di Taiwan
Karakteristik umum
- Berat benaman 13.600 T standar, 16.640 T beban penuh
- Panjang 210 m keseluruhan, 205 m garis air
- Lebar 22 m
- Draft 6,9 m
- Tenaga penggerak 2 shaft geared steam turbine, 6 boiler, 110.000 HP
- Kecepatan 32,5 knot
- Awak kapal 1.250 orang
Persenjataan
- 12 x 15.2 cm 57 cal B-38, 4 triple Mk5-bis turrets 12 x 10.0 cm 56 cal Model 1934 6 twin SM-5-1 mounts 32 x 3.7 cm 10 x 533 cm tabung torpedo
Perisai
- Belt = 100 mm
- Conning tower = 150 mm
- Dek = 50 mm
- Turet = 75 mm
0 komentar:
Posting Komentar